KSP: Pembangunan Infrastruktur Ciptakan Peradaban Lebih Baik

Pemerintah menjamin mudik Lebaran 2018 nanti akan lebih nyaman karena beberapa infrastruktur baru sudah siap digunakan. Komitmen itu dinyatakan Presiden Jokowi sewaktu meninjau Tol Gempol-Pasuruan. Ia ingin agar Merak hingga Pasuruan bisa segera tersambung.
Anggota Komisi V DPR RI Syarif Abdullah Alkadrie pun mengakui komitmen tersebut telah dijalankan Jokowi. Dia menilai pembangunan infrastruktur melesat dan berjalan masif saat ini. Tidak hanya infrastruktur jalan tol, namun, pembangunan bandara di berbagai daerah juga dilakukan sehingga lebih memudahkan bagi masyarakat.

"Saya kira selama Jokowi presiden ini cukup drastis masalah pembangunan dan perbaikan infrastruktur," kata Abdullah kepada wartawan, Sabtu (26/5/2018).

Senada dengan Alkadrie, Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengatakan, pembangunan nasional berjalan sesuai dengan perencanaan. Selain fisik, hasil dari pembangunan tersebut nantinya akan menciptakan peradaban yang lebih baik bagi masyarakat, khususnya yang berada di kawasan tertinggal. 
Moeldoko memastikan pembangunan tersebut akan terkoneksi antar satu dengan lainnya, sesuai dengan waktu yang direncanakan.

"Dengan adanya konektivitas yang terbangun, yang bisa menghubungkan dengan daerah-daerah terpencil yang terisolasi, maka peradaban manusia akan menjadi cepat berkembang," kata Moeldoko di Jakarta, Sabtu (26/5/2018).

Dengan demikian, kesenjangan yang selama ini terjadi diharapkan dapat segera teratasi, khususnya bagi yang berada di daerah perbatasan. "Yang lebih penting lagi adalah membangun nasionalisme, membangun wawasan kebangsaan, dan keterikatan," tutur Moeldoko.
Moeldoko berharap masyarakat tidak berpersepsi bahwa pembangunan dilakukan setengah-setengah. "Orang melihat baru yang berfungsi saja, padahal nyambungnya tinggal menunggu waktu. Ini ada timelinenya," ucap mantan Panglima TNI itu.



Jangkau Masyarakat


Jika nantinya konektivitas secara fisik terjadi, maka akses masyarakat yang selama ini berada di wilayah tertinggal akan mudah terjangkau. Setidaknya, kebutuhan dasar masyarakat seperti pendidikan dan kesehatan, akan terlayani oleh pemerintah.

"Selain itu, keberadaan akses diharapkan dapat memberikan efek positif terhadap tingkat perekonomian masyarakat," ucap dia. 

Berdasarkan data, pemerintah telah merampungkan pembangunan beberapa jalan tol. Trans Jawa bakal beroperasi pada 2018 yang terhubung dari Tol Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Semarang-Solo hingga Pasuruan-Probolinggo.

Kemudian, Tol Trans Sumatera seperti Bakauheni-Terbanggi Besar yang dioperasikan Presiden Jokowi pada awal 2018, sedangkan sisa ruas tol Bakauheni lainnya ditargetkan beroperasi pada Juni 2018.

Share:

Recent Posts